Saturday, July 17, 2010

christmas in europe?


perjalanan ahir desember 2009 yang terlambat ditulis karna terkena serangan rasa malas dan komputer yang terkadang mati suri. idup nggak, mati nggak...

Natalan di Eropa? yeah, why not..

hmmm... itu kalo kalian belom pernah ngalamin sendiri. sama kayak gue waktu merencanakan perjalanan ke eropa bulan desember taun lalu. terlalu lugu. sedikit bloon malah hehehe...

jadi begini, gue berencana untuk jalan ke eropa bulan desember dengan pertimbangan pas lagi winter dan pas natalan. mau liat salju di depan gereja. aaah.. gue yakin kalian pasti sering banget liat kartu natal atau kartu pos dengan gambar gereja bermandikan cahaya lampu dengan salju berserak di depannya. keren banget kan... sukur-sukur, mana tau, gue bisa ketemu rudolf si rusa yang idungnya bisa nyala hihihi...

tapi ternyata bayangan dan daya hayal gue yang indah itu agak meleset dikit di lapangan. dikit aja kok dan nggak mengurangi kesenangan dan pengalaman yang gue dapet.

rute perjalanan kali ini adalah Swiss dan Austria.

tanggal 21 desember gue sama keti anak gue berangkat dari Doha menuju Zurich. Unggul nggak ikut karna belum cuti. seperti biasa gue selalu jalan tanpa reservasi perjalanan apa pun. nggak ada reservasi penerbangan, kereta, hotel atau wisata. senyampenya sedapetnya.. sepertinya itu moto yang cocok buat gue deh..

eh.. ntar dulu. tanpa reservasi bukan berarti tanpa persiapan apa pun dong. sebelum berangkat gue udah browsing dan nyatet sejumlah hotel murah meriah dengan perkiraan ketersediaan kamar pada tanggal selama gue disana. mau jalan kemana naik apa juga udah gue catet rapih. memang gue nggak pernah melakukan reservasi tapi gue nggak rela juga kalo kerepotan selama di jalan kan...

yang paling gampang cari chain hotel. kalo ternyata meleset di satu hotel biasanya mereka langsung dengan sigap mencarikan kamar di hotel lainnya. semua on line. gampang kan..


Zurich dan sekitarnya

setelah kira-kira 6 jam penerbangan, sampai lah kita zurich. ambil koper terus langsung cari internet gratis dan information. ternyata pake internet nggak gratis teman. musti bayar 2 EUR buat 10 menit. kenapa gue cari akses internet? buat ngecheck room availability di hotel-hotel yang udah gue siapin. klik.. klik.. jreeeeng.. anda beruntung. di hotel pilihan pertama masih ada kamar yang sesuai kebutuhan. setelah itu ke information. kenapa? buat tanya dimanakah kita harus berdiri nunggu shuttle bus hotel. "tuh disana", kata si embak... beres. masih harus nunggu 15 menit sebelum shuttle bus berikut dateng.

tarik koper, keluar terminal. brrrrrrrrr.... dingiiiiiiiiin. amit-amiiiiiit.. dingin banget..! salju dimana-mana. untung udah berpakaian anti dingin lengkap. gue sama keti langsung nyengir cekikikan.. saljuuuuu... keren. tapi nggak lama trus si keti masuk ke dalem lagi. "aku ke dalem bentar ya..". gue yakin dia mau nunggu di dalem karna kedinginan. gue liat petunjuk temperatur digital, ah.. cuma -3 doang.. dengan sombong gue mikir "duileeeee... baru segini aja udah kedinginan. gue dong tahan. hebat".

eh ternyata nggak lama dia udah keluar lagi. sambil cengengesan. dan kalian tau apa yang dia bawa? es krim! ya betul. es krim. di tengah dingin buta begitu, dia makan es krim. gue langsung nyembah-nyembah, hilang segala kesombongan gue tadi.

sambil nunggu bus dateng kita nggak malu-malu buat bertingkah senorak mungkin.. harap maklum sobat, ini kali pertama buat keti ngeliat salju. buat gue ini kali kedua setelah salju di himalaya dulu itu. tustel langsung keluar dari sarangnya. percaya deh sama gue, motret pake sarung tangan tebel itu susah bener. ditambah lagi sama jari yang bergetar kedinginan. musti ditiup-tiup, masuk kantong, segala cara gue kerjain supaya bisa motret hehehe...

hotel yang dituju nggak jauh. cuma 20 menit dari airport. kamarnya besar di area bebas merokok dengan jendela yang bisa dibuka lebar. ideal. tarok koper, nambah kaos selapis lagi, tustel siap dan dompet. baru jam 4 sore tapi udah mulai gelap kayak jam 6 sore. nggak buang waktu, kita langsung turun lagi ke bawah. mau maen salju. iya, dari jendela kamar keliatan salju dimana-mana, bertumpuk-tumpuk. mengundang.

di reception gue musti booking tour buat ke mount titlis besok pagi. sekali lagi, gue nggak mau buang waktu karna cuma punya 4 hari di swiss. ternyata nggak susah tuh buat ikut tour dan informasinya juga lengkap banget. bener-bener memudahkan pendatang. beres. sekarang waktunya main.

keluar hotel kedinginan lagi. tapi jadi nggak terlalu berasa. keti langsung nginjek-nginjek salju, ngeruk salju pake tangan. tanpa sarung tangan! anak gila! salju itu dingin, ngerti nggak siiiiiih. mana saljunya kotor banget item-item. ya iya lah kotor, lah wong di pinggir jalan. tapi gue nggak peduli. terserah mau ngapain. terseraaaaaah...

kebetulan banget hotel tempat kita nginep itu nggak jauh dari setasiun kereta, deket daerah perumahan, supermarket tinggal nyebrang, gereja tinggal nyebrang, keren kan. yang bikin tambah keren karna sedang suasana natal dimana-mana tiap rumah pasang lampu warna-warni di pohon atau sepanjang pager rumah. kereeeeeen banget.

sayangnya, hujan salju turun selama seminggu penuh dan berhenti tepat sebelum kita sampai di Zurich. nggak rejeki keujanan salju. cuaca sebetulnya agak menghangat buat ukuran mereka, buat gue ya tetep aja dingin.

puas jalan keliling liat-liat sekitar, udah waktunya balik ke hotel. mampir ke supermarket beli roti, ham, bir sama air mineral buat makan malem, sarapan dan sangu makan siang besok. air cukup sebotol aja karna setelah kosong bisa diisi air keran yang siap minum. eropa serba mahal. musti bisa atur siasat biar nggak tekor.

udah waktunya tidur. besok musti bangun pagi-pagi, ke kota buat ngumpul di meeting point.

Mount Titlis

jam 7 pagi gue udah melek, masih gelap masih ngantuk dan di luar pasti dingin banget. tapi musti bangun dan siap-siap karna musti kumpul jam 9. dari hotel ke setasiun kereta cuma jalan 5 menit aja sih. minum coklat panas enaaaaak banget.

duuuuh... bener kan di luar dingin. untung batre kamera cadangan udah gue bungkus pake kaos kaki wool biar anget hihihi... iya lah, batre itu sebagian dari nyawa gue. keabisan batre bisa nangis guling-guling gue. dari hotel ke kota pake kereta cuma 15 menit. jadi menurut itungan, gue punya waktu sejam buat nyari tempat kumpul. katanya sih nggak jauh dari zurich bahnhoff dan gue punya lebih dari cukup waktu. kalo orang jawa bilangnya turah.

turun kereta jam 8.05 langsung ke tempat informasi. tanya tempat yang gue tuju. hmmm... cilaka, sepertinya petugas pagi itu agak kurang yakin padahal gue udah tunjukin peta yang udah dilingkerin sama resepsionis hotel. dia bilang "ke kanan, keluar stasiun, belok kanan, luruuuuus aja. nanti kamu tinggal liat aja sebelah kanan. but I'm not so sure". nah loh, lo aja nggak yakin apa lagi gue?!

nggak ada pilihan karna buta jalan meskipun berbekal peta, gue ikutin petunjuk si ibu tadi. kanan, keluar, kanan, luruuuuuuus aja. karna masih pagi jalanan masih agak sepi. gue jalan luruuuuuus aja sampe 20 menit dan nggak ketemu apa-apa! orang yang bisa ditanya pun nggak keliatan. gue mulai terserang deg-degan. ahirnya gue putuskan untuk berhenti jalan dan nunggu orang lewat. ada orang horeeee.. mudah-mudahan dia tau jalan. dan sepertinya dia tau, dan sepertinya dia juga tau kalo gue tersesat dan sepertinya dia menganjurkan supaya gue balik lagi ke stasiun dan sepertinya dia bilang dari stasiun main hall gue musti ke kiri, keluar, belok kiri, luruuuuus aja trus belok kanan.

ya ampuuuuuun... tadi gue jalan 20 menit, nunggu si bapak ini kira-kira 5 menit dan musti balik ke stasiun 20 menit lagi, nyari jalan lagi.. ya nasib ya nasib... jangan sampe ketinggalan rombongan. udah jam 8.30 ini. kalian boleh kasian sama gue boleh nggak, boleh percaya boleh nggak tapi di udara sedingin itu gue keringetan. karna gue jalan ngebut sambil garuk-garuk kepala yang nggak gatel. kenapa? karna keti bisa tiba-tiba jalan dengan kekuatan kura-kura super. kalo aja badannya nggak lebih besar dari gue, udah gue gendong dari tadi kali.

bahnhoff main hall ke kiri, keluar, ke kiri lagi, luruuuus, belok kanan tengok kiri tengok kanan, itu dia! ya ampuuun... gue rasanya pengen guling-guling, pengen ngomel. dari stasiun ke tempat ngumpul cuma 10 menit doang. buang waktu 45 menit karna salah belok! brangkat lah. buruan.

ternyata rombongan lumayan banyak meskipun ternyata nggak semuanya ke titilis. jadi kita musti drop grup ini disini, grup itu disitu dan terahir baru grup gue. perjalanannya keren. dan setiap kali gue rasanya pengen brenti di tengah jalan, loncat keluar, motret. liat lapangan luas, putih ketutup salju, ada pohon yang cuma ranting doang, satu orang berdiri sama anjingnya, matahari, bayangan. 1x bangeeeet... apa itu 1x? besok-besok lah gue buatkan tulisan khusus mengenai itu.

di tengah perjalanan kita mampir dulu di Lucern 1 jam. gue liat-liat sembari motret, keti cari toko yang bisa dibelanjain. bukan, bukan butik ato toko barang-barang mahal. dia cari toko yang jual pernak pernik aneh. dapet topi paus sama tulang sepanjang tulang kering gue. anak umur 15 taun, bukannya belanja barang mahal kek malah beli tulang boongan.

sampe titlis jam 2 siang dikasih waktu 2 jam buat main dingin. seru! salju dimana-mana, angin gede banget, bikin kita berdua bertingkah norak setengah mati. kedinginan dan gue musti kemasukan sesuatu yang anget. periksa menu, muahalnya amit-amit. ahirnya gue beli segelas coklat anget aja karna udah punya bekal roti isi ham. keti? apa lagi kalo bukan es krim.

nggak terasa udah waktunya musti balik. jemput sana jemput sini, sampe di main bahnhoff jam 8 malem. cari makan malem di stasiun dapet roti dan bratwurst yang enak banget setelah itu balik ke hotel, tidur. mau ngapain lagi? udah malem kok.

Zurich Zoo

hari ini gue putuskan untuk jalan di kota. sebenernya sih supaya bisa bangun agak siang. cape juga nahan dingin kemaren. tujuannya ke kebun binatang, liat christmas market dan puter-puter sampe cape.

enaknya di swiss, kita beli karcis transport itu cukup sekali aja buat pergi pulang dan karcis itu berlaku buat segala bentuk transportasi umum di dalam kota naik turun seharian sampe bosen. jadi gue beli karcis kereta ke kota bisa buat tram juga. nggak susah kan.

tiket masuk kebun binatang Zurich lumayan mahal tapi ternyata gue nggak merasa dirugikan sama sekali. berada di area yang sangat luas dengan fasilitas yang terawat baik menjadikan kunjungan ke kebun binatang kali ini sangat menarik. Binatang dari berbagai belahan dunia termasuk dari negara tropis kelihatan sehat, gemuk, sejahtera dan bahagia. berbagai atraksi yang dikemas sedemikian rupa melibatkan pawang, binatang dan pengunjung menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu.

Pendek kata, jangan membayangkan kebung binatang ini dengan apa yang ada di Jakarta. Pendek kata, kunjungan ke kebun binatang jadi salah satu tujuan wajib.

Jungfrau Joch,

Tujuan berikut Jungfrau Joch. Karna sudah mulai ngerti kalau mau kemana naik apa dan gimana, kali ini gue putuskan untuk jalan sendiri pake kereta. Dan ternyata pilihan gue bener banget. Sama sekali nggak ada susahnya. Tinggal pergi ke kantor tiket di stasiun, kita bilang tujuan kita mau kemana, petugas langsung membantu. Bukan cuma jual beli tiket tapi termasuk memberikan alternatif perjalanan termudah, tercepat dan termurah mencapai tujuan. keren kan...

Dari Zurich ke Jungfrau itu ternyata makan waktu 4 jam perjalanan. Karna pas winter kereta dipenuhi dengan ransel, papan ski, sepatu boot khusus dan orang-orang yang siap tempur melawan salju dan dingin dengan jaket super tebal. Asik banget ngeliatnya. Ngebayangin anak-anak ABG di jakarta kalau lagi liburan yang ngertinya cuma jalan ke mall plus dandanan dan penampilan centilnya miris juga rasanya. Disana ngeliat ABG yang jalan sendiri atau berombongan repot-repot keberatan gendong ransel, bawa papan ski atau snow board, berkalung sepatu boot yang gedenya bisa bikin pingsan sambil ngunyah roti bukan hal yang aneh. Coba kalo di jakarta, gendong ransel segede gerbong bisa diliatin orang satu bis dengan sorot mata yang menggambarkan bahwa kita adalah orang paling aneh sedunia. hmmm...

Karna lagi winter, di Jungrau angin bertiup kenceng banget, hujan salju turun lumayan dan suhu turun mencapai 14 derajat celcius dibawah titik beku dan udah pasti nggak keliatan apa-apa. Area yang dibuka dan bisa dikunjungi pun sangat terbatas.

Tapi gue nggak kecewa kok. Perjalanan menuju kesana keren banget sih. Balik ke Zurich ya udah gelap sih, nggak keliatan apa-apa. Tapi tetep berguna kok. 4 jam kan bisa buat tidur hehehe...


Lucern

Tepat tanggal 25 Desember. Tepat di hari Natal.

S E P I . . .

Stasiun kereta sepi. Jalanan sepi. Toko-toko tutup. Tempat makan tutup. hahaha...

Malam Natal gue masuk ke gereja yang paling deket dari hotel. Ternyata itu gereja Katolik yang mengadakan misa Natal dengan bahasa pengantar Jerman. Meski nggak ada satu kata pun yang gue ngerti tapi tetep berasa Natal buat gue. Apalagi setelah misa selesai semua orang saling mengucapkan selamat dan takjub ngeliat kita berdua. Kalo dibanding mereka, badan kita berdua kan jadi kecil liliput tuh, muka asia, cuma bisa ngomong inggris, tapi ikut misa. Ya gue bilang meskipun cuma bisa ikut prosesi tanpa ngerti satu kalimat pun gue seneng bisa ikut misa di gereja itu. Mereka ketawa, jabat tangan bahkan ada satu dua yang kasih pelukan. Senangnya..

Dan pagi berikut, Lucern seperti kota mati. Nggak ada satu pintu toko pun yang terbuka, jalanan lengang dan cuma keliatan sedikit orang. Tapi ternyata makin siang makin banyak orang berdatangan. Ya nggak ngapa-ngapain, cuma jalan-jalan aja. Jadi berasa seperti tersesat rame-rame..

Vienna

Zurich - Vienna dengan kereta api lintas Alpen, 8 jam perjalanan. Bikin bete? Siapa bilang. Dengan melintasai pegunungan Alpen yang saat itu didominasi salju warna putih, nggak akan bikin bosen kecuali memang kalian nggak suka pegunungan. Belum lagi kereta yang penuh dengan anak-anak ABG, muda-mudi, keluarga komplit plus gembolannya yang segunung plus peralatan ski atau snowboard merupakan objek yang menarik buat ditonton. Gue jadi kasaian deh sama anak-anak muda yang cuma senengnya nongkrong di mall, gosip-gosip nggak jelas, ngopi-ngopi nggak perlu, menye-menye. Aduuuuuh...

Sampe Vienna udah gelap meskipun baru jam 5 sore, ketemu Unggul di stasiun kereta. Langsung ke hotel tujuan. Here comes trouble... hehehe.. ternyata di hotel itu nggak ada triple room yang kosong. Untungnya, seperti biasa sebelum berangkat gue udah siap dengan daftar hotel-hotel yang diperkirakan masih punya triple room kosong. Dan chain hotel teman. Jangan lupa. Memudahkan kita banget. Receptionist di hotel pertama tinggal angkat telphone ke salah satu chain nya, voilaaa.. dapet deh.

Seperti tipikal kota-kota di Eropa, Vienna pun dipenuhi dengan bangunan tua yang masih terawat baik dan enak buat dikunjungin karna memang difungsikan sebagai museum supaya kita bisa mempelajari banyak hal terutama sejarah masa lalu. Dan seperti di Zurich karna masih dalam suasana Natal dan menjelang pergantian tahun, Vienna pun sepiiiii... cuma keliatan turis. Gue rasa penduduk kota banyak yang sedang berlibur ke gunung buat main ski. Apalagi pada bulan Januari akan diselenggarakan olimpiade musim dingin di Innsburg.

3 hari di Vienna isinya jalan, jalan dan jalan.. Dari hotel pagi keliling kota balik lagi ke hotel udah gelap. Karna kita pemakan segala jadi nggak sulit juga buat cari makan. ssst... tapi kita sempat nemu Chinnese restaurant yang enak banget. Setelah sosis dan roti tiap hari, nemu nasi plus temannya ternyata berasa masuk surga.. hahaha.




...



No comments:

Post a Comment